Sehubungan dengan banyaknya permintaan dari para pengunjung blog yang mengharafkan adanya sebuah posting tentang SOFTWARE
DATABASE DIREKTORI KOPERASI, Maka pada kesempatan ini saya publikasikan tentang SOFTWARE
DATABASE DIREKTORI KOPERASI yang telah dibuat dan diimplementasikan di Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kota Bandung.
Software
ini untuk dipergunakan pada lembaga pemerintah yaitu Dinas Koperasi
Baik Kota, Kabupaten dan Provinsi di Seluruh Indonesia. Software ini
telah mendapat standarisasi dari lembaga pemerintah pengguna software
ini, untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasan berikut:
Tujuan
dari adanya pembuatan Software “ SOFTWARE
DATABASE DIREKTORI KOPERASI ” disini
adalah untuk membantu pihak Dinas Koperasi, Kabupaten, kota dan provinsi dalam
mengantisipasi permasalahan seputar bidang pendataan koperasi. Hal ini
dilakukan untuk dapat meningkatkan performance, efektifitas kerja, dan memungkinkan
juga efisiensi biaya, serta mempermudah publikasi informasi tentang karakter
Koperasi.
Di
dalam perkembangan dunia informasi saat ini
sistem Software database sudah sangat dibutuhkan sekali. Semua pihak sudah harus memenuhi
tuntutan zaman yang menuntut semua pihak dan bidang pekerjaan dapat menggunakan
data Informasi sebagai alat bantu pengambilan kebijakan yang efisien untuk
dapat digunakan sebagaimana mestinya.
1.
Ruanglingkup Data
o Data
Pokok Koperasi: Nama Koperasi, Kabupaten, Kecamatan, Telepon/Fax, No. Badan Hukum,
Nama Pengurus, Jabatan, Pengawas, Manajer, Bentuk Koperasi, Jenis Koperasi,
Kelompok Koperasi.
o
Pemeringkatan
dan Tingkat Kesehatan Koperasi: Nama Koperasi, Kabupaten, Kecamatan,
Pemeringkatan (Tahun), Pemeringkatan (Keterangan), Tingkat Kesehatan (Tahun),
Tingkat Kesehatan (Keterangan)
o Indikator
Kelembagaan: Nama Koperasi, Kabupaten, Kecamatan, Tahun Buku Terakhir, Anggota Laki-laki,
Anggota Perempuan, Jumlah Anggota, Karyawan Laki-laki, Karyawan Perempuan,
Jumlah Karyawan, RAT Terakhir (tanggal / bulan / tahun)
o
Indikator
Usaha Koperasi: Nama Koperasi, Kabupaten, Kecamatan, Modal sendiri, Modal luar,
Asset, Volume Usaha, SisaHasilUsaha.
Teknik Pengumpulan data
Ć Membuat Form / Borang Pengisian Data yang
sesuai dengan lingkup pendataan.
Ć Distribusi
Form / Borang Langsung Oleh Dinas………( Biaya….??????)
Ć Bekerjasama
dengan Camat dan Lurah dalam pengumpulan dan Verifikasi data
Ć Verifikasidanvalidasidata
yang diperolehdarilurah
Ć Input Data yang diperoleh ke Aplikasi Direktori Database
Koperasi
Ć Printout Softcopy dikirimkan ke Dinas
Koperasi, UKM Perindustrian Perdagangan Kota Bandung.
1. Space Software Dan
hardware
1.1 BahasaPemograman
Aplikasi Database dibuat dengan: MS Access 2007
, Source Code Visual Basic
1.2
Kebutuhan Software : OS Windows XP sp1, sp2 Dan sp3, Windows 7 All Versi,
Windows 8 All versi, MS Office 2007 –2010 atau yang terbaru, Wajib terinstall MS
Access 2007 atau Run Time versi 2007
1.3
Kebutuhan Hardware untuk
Cilent ( Operator ): PC / Laptop dengan Space Rekomendasi: Intel Pentium Duo Core
3.0 Ghz Hardisk: 160 Ghz, Ram 2 Ghz, Resolusi Display mendukung 1280 x 768 Pixel Terkoneksi Jaringan
Local Area Nettowk ( LAN ) dan Internet.
1.4
Kebutuhan Hardware untuk
Server ( Pusat Data ): dengan Space
Rekomendasi: Intel Pentium Core I3 4.0 Ghz Hardisk: 1 Terra, Ram 4 Ghz,
Resolusi Display mendukung 1280 x 768 Pixel Terkoneksi Jaringan Local Area
Nettowk ( LAN ) dan Internet
1.5 Keunggulan Software
Ć Tahan terhadap virus komputer
Ć Mudah Dioperasikan
bahkan oleh SDM yang baru mengenal computer sekalipun
Ć Tidak perlu
SDM Khusus yang menguasai Aplikasi tertentu
Ć Tidak perlu
mengadakan peltihan pengoperasian secara khusus dengan memakan waktu yang lama
Ć File System
sangat kecil, sehingga pengiriman data dari daerah ke pusat cukup lewat e-mail
Ć System
dapat didistribusikan lewat Flash Disk, Memory Card, CD dan UPLOAD via e-mail
Ć Multi Usrer
( dapat digunakan secara bersama-sama) dengan Password yang berbeda
Ć Seluruh data
dalam satu jaringan dapat bergabung secara otomatis ( terintegrasi )
1.6 Kelemahan
Software
Ć Tidak dapat
menyatukan data secara langsung yang dikirim dari luar jaringan, Harus ada Operator
Input data Khusus.
Ć Input Database
Tidak dapat dioperasikan secara online dan real time dalam penggunaan Internet
Ć Masyarakat umum
hanya dapat melihat seluruh data yang dipublikasikan via Website, tanpa dapat mengedit
atau login.
Ć Input Data
hanya yang direkomendasikan bagi yang memiliki hak akses
1.7
SKEMA JARINGAN DALAM SATU RUANGAN OFF LINE
I.
TAHAP PERSIAPAN PENGGUNAAN
Sebelum menggunakan aplikasi ini
mohon dipersiapkan hal-hal sebagai berikut:
A.
PERSIAPAN PERANGKAT DAN SDM
1. Sebaiknya menggunakan sisitem komputer
berjaringan, yang terdiri dari 1
Komputer yang dipungsikan sebagai SERVER dan beberapa computer CILENT (
Operator ). Tujuannya adalah untuk mempermudah
pengoperasian dan pengabungan data dalam satu Folder database.
2. Memiliki Space Hardware minimal yang direkomendasikan
sebagaimana dijelaskan sebelumnya
3. Pastikan dalam tiap komputer / Laptop memiliki
salahsatu system operasi dasar Windows
XP, SP1, SP2, SP3 – Window Vista – Windows7 atau Windows8. MS Office 2007-MS Office 2010 atau MS Office 2013, dan
Software pendukung lainnya.
4. SDM operator
memiliki kemampuan dalam pengoperasian Komputer dasar dan mampu bekerja
dengan teliti terutama dalam hal pengetikan.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bagi
Dinas Koperasi di seluruh Indonesia baik tingkat Kabupaten, Kota dan
Provinsi yang berminat untuk mengimpementasikan software ini bisa
menghubungi bagian Informasi DEKOPINDA Kota Bandung Contact Persion : JAELANI HP. 081 573 063 493 atau mengajukan surat permohonan via e-mail ke : jaelani.hbm@gmail.com Setiap permohonan yang masuk pasti akan ditanggapu
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DOWNLOAD CONTOH PRESENTASI SOFTWARE KLIK DISINI
SCREEN SHOT
0 komentar:
Posting Komentar
Sampaikan Komentar Anda Untuk Mengoreksi Artikel Yang di Baca, Sebagai Masukan Bagi Kami Untuk Meningkatkan Kualitas Tulisan.