INFO HARI INI ::::::...:::MOHON BERHATI-HATI TERHADAP PIHAK YANG SENGAJA MEMANPAATKAN NAMA DEKOPINDA KOTA BANDUNG, DENGAN TUJUAN MEMUNGUT DANA IURAN APAPUN DENGAN ATAU TANPA SURAT TUGAS, HARAP HUBUNGI TERLEBIHDAHULU KANTOR SEKRETARIAT DEKOPINDA KOTA BANDUNG TELP: 022-7300321 :::..:::KAMI SIAP MELAKUKAN KERJASAMA IMPLEMENTASI / PENERAPAN SISTEM KOMPUTERISASI PADA UNIT SIMPAN PINJAM DAN WASERDA / TOKO KOPERASI ANDA, DENGAN PERINSIF MURAH, MUDAH, CEPAT, TEPAT, AKURAT DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE DAN HARDWARE BERKUALITAS:::...:::SUPPORT/DUKUNGAN KAMI: KONSULTASI - SETTING INSTALLASI - PELATIHAN - PENDAMPINGAN - SIMULASI DAN GARANSI:::...:::JIKA ANDA BERMINAT SILAHKAN HUBUNGI KAMI SEGERA DI: HP. 081 573 063 493 PIN BB: 520 717 2D WHATSAPP: 081 573 063 493 REQUES BY E-MAIL: jaelani.hbm@gmail.com:::...

Selasa, 06 Mei 2014

SOFTWA DATABASE DIREKTORI KOPERASI


Sehubungan dengan banyaknya permintaan dari para pengunjung blog yang mengharafkan adanya sebuah posting tentang  SOFTWARE DATABASE DIREKTORI KOPERASI, Maka pada kesempatan ini saya publikasikan tentang SOFTWARE DATABASE DIREKTORI KOPERASI  yang telah dibuat dan diimplementasikan di Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kota Bandung.
Software ini untuk dipergunakan pada lembaga pemerintah  yaitu Dinas Koperasi Baik Kota, Kabupaten dan Provinsi di Seluruh Indonesia. Software ini telah mendapat standarisasi dari lembaga pemerintah pengguna software ini, untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasan berikut:


Tujuan dari adanya pembuatan Software “ SOFTWARE DATABASE DIREKTORI KOPERASI ”  disini adalah untuk membantu pihak Dinas Koperasi, Kabupaten, kota dan provinsi dalam mengantisipasi permasalahan seputar bidang pendataan koperasi. Hal  ini dilakukan untuk dapat meningkatkan performance, efektifitas kerja, dan memungkinkan juga efisiensi biaya, serta mempermudah publikasi informasi tentang karakter Koperasi.




Di  dalam  perkembangan  dunia  informasi  saat  ini  sistem  Software database  sudah sangat dibutuhkan sekali.  Semua pihak sudah harus memenuhi  tuntutan zaman yang menuntut semua pihak dan bidang pekerjaan  dapat menggunakan data Informasi sebagai alat bantu pengambilan kebijakan yang efisien untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

1.    Ruanglingkup Data


o  Data Pokok Koperasi: Nama Koperasi, Kabupaten, Kecamatan, Telepon/Fax, No. Badan Hukum, Nama Pengurus, Jabatan, Pengawas, Manajer, Bentuk Koperasi, Jenis Koperasi, Kelompok Koperasi.


o   Pemeringkatan dan Tingkat Kesehatan Koperasi: Nama Koperasi, Kabupaten, Kecamatan, Pemeringkatan (Tahun), Pemeringkatan (Keterangan), Tingkat Kesehatan (Tahun), Tingkat  Kesehatan (Keterangan)


o  Indikator Kelembagaan: Nama Koperasi, Kabupaten, Kecamatan, Tahun Buku Terakhir, Anggota Laki-laki, Anggota Perempuan, Jumlah Anggota, Karyawan Laki-laki, Karyawan Perempuan, Jumlah Karyawan, RAT Terakhir (tanggal / bulan / tahun)


o   Indikator Usaha Koperasi: Nama Koperasi, Kabupaten, Kecamatan, Modal sendiri, Modal luar, Asset, Volume Usaha,  SisaHasilUsaha.


Teknik Pengumpulan data

Ƙ  Membuat Form / Borang Pengisian Data yang sesuai dengan lingkup pendataan.

Ƙ  Distribusi Form / Borang Langsung Oleh Dinas………( Biaya….??????)

Ƙ  Bekerjasama dengan Camat dan Lurah dalam pengumpulan dan Verifikasi data

Ƙ  Verifikasidanvalidasidata yang diperolehdarilurah

Ƙ  Input Data yang diperoleh ke Aplikasi Direktori Database Koperasi

Ƙ  Printout Softcopy dikirimkan ke Dinas Koperasi, UKM Perindustrian Perdagangan Kota Bandung.


1. Space Software Dan hardware


1.1  BahasaPemograman Aplikasi Database dibuat dengan:  MS Access 2007 ,  Source Code Visual  Basic


1.2  Kebutuhan Software : OS Windows  XP sp1, sp2 Dan sp3, Windows 7 All Versi, Windows 8 All versi, MS Office 2007 –2010 atau yang terbaru, Wajib terinstall MS Access 2007 atau Run Time versi 2007


1.3  Kebutuhan Hardware  untuk  Cilent ( Operator ): PC / Laptop dengan Space Rekomendasi: Intel Pentium Duo Core 3.0 Ghz Hardisk: 160 Ghz, Ram 2 Ghz, Resolusi Display  mendukung 1280 x 768 Pixel Terkoneksi Jaringan Local  Area  Nettowk ( LAN ) dan Internet.


1.4  Kebutuhan Hardware  untuk  Server ( Pusat Data ):  dengan Space Rekomendasi: Intel Pentium Core I3 4.0 Ghz Hardisk: 1 Terra, Ram 4 Ghz, Resolusi Display mendukung 1280 x 768 Pixel Terkoneksi Jaringan Local Area Nettowk ( LAN ) dan Internet


1.5 Keunggulan Software


Ƙ  Tahan terhadap virus komputer

Ƙ  Mudah Dioperasikan bahkan oleh SDM yang baru mengenal computer sekalipun

Ƙ  Tidak perlu SDM Khusus yang menguasai Aplikasi tertentu

Ƙ  Tidak perlu mengadakan peltihan pengoperasian secara khusus dengan memakan waktu yang lama

Ƙ  File System sangat kecil, sehingga pengiriman data dari daerah ke pusat cukup lewat e-mail

Ƙ  System dapat didistribusikan lewat Flash Disk, Memory Card, CD dan UPLOAD via e-mail

Ƙ  Multi Usrer ( dapat digunakan secara bersama-sama) dengan Password yang berbeda

Ƙ  Seluruh data dalam satu jaringan dapat bergabung secara otomatis ( terintegrasi )



1.6 Kelemahan Software


Ƙ  Tidak dapat menyatukan data secara langsung yang dikirim dari luar jaringan, Harus ada Operator Input data Khusus.

Ƙ  Input Database Tidak dapat dioperasikan secara online dan real time dalam penggunaan Internet

Ƙ  Masyarakat umum hanya dapat melihat seluruh data yang dipublikasikan via Website, tanpa dapat mengedit atau login.

Ƙ  Input Data hanya yang direkomendasikan bagi yang memiliki hak akses


1.7 SKEMA JARINGAN DALAM SATU RUANGAN OFF LINE





 





I.        TAHAP PERSIAPAN PENGGUNAAN

Sebelum  menggunakan aplikasi ini mohon dipersiapkan hal-hal sebagai berikut:


A.      PERSIAPAN PERANGKAT DAN SDM


1. Sebaiknya menggunakan sisitem komputer berjaringan, yang terdiri dari  1 Komputer yang dipungsikan sebagai SERVER dan beberapa computer CILENT ( Operator ). Tujuannya adalah untuk mempermudah  pengoperasian dan pengabungan data dalam satu Folder database.

2. Memiliki  Space Hardware minimal yang direkomendasikan sebagaimana dijelaskan sebelumnya

3. Pastikan dalam tiap komputer / Laptop memiliki salahsatu system operasi dasar  Windows XP, SP1, SP2, SP3 – Window Vista – Windows7 atau Windows8. MS Office  2007-MS Office 2010 atau MS Office 2013, dan Software pendukung lainnya.

4. SDM operator  memiliki kemampuan dalam pengoperasian Komputer dasar dan mampu bekerja dengan teliti terutama dalam hal pengetikan.
 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bagi Dinas Koperasi  di seluruh Indonesia baik tingkat Kabupaten, Kota dan Provinsi yang berminat untuk mengimpementasikan software ini bisa menghubungi  bagian Informasi DEKOPINDA Kota Bandung  Contact Persion : JAELANI   HP. 081 573 063 493 atau mengajukan surat permohonan via e-mail  ke :  jaelani.hbm@gmail.com  Setiap permohonan yang masuk  pasti akan ditanggapu
  ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DOWNLOAD CONTOH PRESENTASI SOFTWARE  KLIK DISINI
SCREEN SHOT
 

0 komentar:

Posting Komentar

Sampaikan Komentar Anda Untuk Mengoreksi Artikel Yang di Baca, Sebagai Masukan Bagi Kami Untuk Meningkatkan Kualitas Tulisan.

MAP LOKASI DEKOPINDA KOTA BANDUNG

hosting terbaik