Ketika kita menawarkan produk
atau jasa kepada konsumen, sebagian dari masyarakat tidak begitu saja
yakin dengan penawaran yang kita tawarkan. Untuk meyakinan konsumen
terhadap produk yang ditawarkan butuh cara komunikasi pemasaran
yang menarik konsumen. Sebab keahlian komunikasi untuk menyampaikan
kelebihan serta kualitas yang dimiliki sebuah produk, sangat dibutuhkan
untuk meyakinkan pelanggan.
Seorang konsumen hanya akan membeli sebuah produk, jika mereka telah
yakin dengan kualitas dan kelebihan produk yang ditawarkan. Selain itu
keyakinan konsumen secara tidak langsung akan mengarahkan mereka untuk
membeli produk yang kita tawarkan tanpa harus kita yakinkan kembali,
sehingga memberikan dampak positif bagi omset penjualan produk. Oleh
karena itu munculnya keyakinan dari konsumen menjadi modal awal dari
kesuksesan penjualan produk.
Untuk mengatasi masalah ketidakpercayaan dari konsumen, sebaiknya perhatikan beberapa cara meyakinkan konsumen berikut ini :
- Ciptakan image produk Anda. Image suatu produk sangat berpengaruh terhadap keyakinan yang diberikan konsumen. Untuk itu ciptakan image yang berkualitas di mata para konsumen, dengan mengenalkan kelebihan – kelebihan produk Anda. Semakin banyak konsumen yang mengetahui kelebihan produk kita, semakin mempercepat munculnya keyakinan konsumen.
- Selalu tanamkan image produk kepada konsumen. Semakin terkenal image produk
- Anda semakin yakin pula konsumen, pada produk Anda. Sehingga para konsumen lebih loyal dengan produk kita berapapun harga yang ditawarkan. Bandingkan saja harga donat Dunkin’ Donuts dengan harga donat di warung roti di sekitar rumah Anda, sangat jauh berbeda bukan? Walaupun harga di Dunkin’ Donuts lebih mahal, namun konsumen lebih memilih Dunkin’ Donuts dibandingkan donat yang ada di warung roti. Karena konsumen lebih mempercayai kualitas rasa Donkin’ Donuts.
- Berikan bukti kepada para konsumen. Untuk meyakinkan konsumen, dibutuhkan bukti atau fakta mengenai kualitas maupun kelebihan yang dimiliki produk. Anda dapat memberikan bukti kepada konsumen dengan mencantumkan kesaksian dari konsumen lain yang telah memperoleh manfaat dari produk kita. Selain itu Anda juga bisa mengadakan demo produk dengan langsung melibatkan konsumen sebagai strategi promosi. Agar konsumen dapat membuktikan langsung kelebihan yang dimiliki produk.
Adanya keyakinan konsumen mempermudah strategi pemasaran yang
kita gunakan. Sekian informasi tentang cara meyakinkan konsumen,
semoga dapat bermanfaat bagi usaha Anda. Perhatikan respon pasar dari
konsumen Anda, jangan sampai keyakinan konsumen Anda berpindah ke produk
lain. Salam sukses.
0 komentar:
Posting Komentar
Sampaikan Komentar Anda Untuk Mengoreksi Artikel Yang di Baca, Sebagai Masukan Bagi Kami Untuk Meningkatkan Kualitas Tulisan.